Jumat, 28 Oktober 2011

Tips Jalan-jalan di Belanda


When to go
Ada beberapa pilihan waktu jika anda ingin mengunjungi Belanda, tergantung tujuan mengunjungi Belanda. Jika anda hanya punya kesempatan sekali mengunjungi Belanda, datanglah pada saat mid-March s/d mid-May, ketika tulip-tulip sedang bagus2nya dan keukenhof sedang dibuka. Lebih afdol lagi kalau datang tgl 30 April, ketika Queen’s day dan semua serba oranye di Belanda


Spring (Mar-May) – awal april merupakan masa yg paling bagus untuk ke Keukenhof. Biasanya tulipnya masih bagus-bagus. Letak kebun tulip paling terkenal di Belanda adalah di Keukenhof, Lisse, sebuah daerah kecil, sekitar 30 menit ke arah utara dari Leiden. Kalau tertarik bisa juga sepedaan dari Leiden ke Haarlem menyusuri kebun2 tulip.
Summer (June – Aug) – Pada saat summer, banyak turis datang ke Belanda. Situasi pun jadi ramai. Delft yg termasuk kota kecil mendadak banyak turis. Saya pribadi lebih suka menghabiskan summer di luar Belanda.
Autumn (Sept – Nov) – Pada musim ini, cuaca mulai beranjak dingin. Daun-daun berubah warna dan isyunya daerah Limburg (selatan Belanda) termasuk yg bagus pada saat ini.
Winter (Dec – Feb) – musim dingin di Belanda akan benar-benar membuat anda merindukan negara tropis. Buat yang ingin bertemu Sinterklas, tiap tanggal 5 Desember sinterklas dan temannya Piet Hitam sering berkeliaran di jalan. Di Rotterdam ada lomba lari dengan semua peserta memakai kostum sinterklas. Acara tahunan ini biasanya menjelang Natal.
Zaanse Schaans
Where to go
Kota-kota yg dikunjungi ada bermacam-macam. Biasanya turis akan ke Amsterdam, Den Haag dan Rotterdam. Tapi jika anda punya waktu berlebih dan timingnya tepat jangan lewatkan Lisse (Keukenhof)

Amsterdam – Red Light District, Dam Square, Museum van Gogh, Rijkmuseum, Ajax Amsterdam Arena, Madame Tussaud, Anne Frank House
Den Haag – Peace Palace, Scheveningen dan KBRI J
Rotterdam – Euromast, Erasmus Bridge
Delft – Delft Blue, Vermeer (pelukis terkenal) dan IHE/TU Delft (OK OK, gpp kan promosi kampus :P )
Leiden – University Leiden, universitas tertua di Belanda
Eindhoven – Phillips Stadion
Utrecht - Stasiunnya termasuk yg terbesar di Belanda
Maastricht – Kota paling ujung selatan Belanda
Groningen – Kota di ujung utara Belanda
Lisse – daerah Tulip, terkenalnya sama Keukenhof
ZaanseSchans – Semacam park khusus untuk kincir angin
Volendam – Tourist place untuk foto2 pakai pakaian tradisional Belanda
Volendam
What you shouldn’t miss?
1.     Tourist Information – umumnya terletak di dekat stasiun utama, penting untuk mengambil brosur2 tentang objek wisata di kota tersebut
2.     Keukenhof – dari mid-March sampai mid-May, paling bagus di awal April
3.     Queen’s Day – selama sehari seluruh Belanda menjadi Oranye
4.     Volendam -  Foto studio pakai pakaian tradisional Belanda + sepatu kayu
5.     Delta Works – Dam and dykes yg besar, untuk melindungi dari Banjir. Must-see untuk anak teknik sipil
6.     Rotterdam Port  - salah satu pelabuhan terbesar di dunia
7.     Buka puasa tiap Jumat selama bulan puasa di KBRI Den Haag – untuk yang kangen masakan Indonesia yg gratis
8.     Dreilandereck – arti harafiahnya sudut tiga Negara. Di tempat inilah pertemuan perbatasan Belanda, Belgia dan Jerman. Lebih mudah di-akses dari Aachen (Jerman). Didekat sini jg ada titik tertinggi Negara belanda (sekitar 300an meter)
9.     Ikan Hering – Makan ikan mentah khas belanda
10.   Bitterballen – makanan khas belanda
11. Sinterklas – banyak berkeliaran di seluruh Belanda tanggal 5 December








Which way to go?
Sebenarnya paling gampang itu mengambil arah dari Utrecht, karena lokasi Utrech terletak di “tengah2” semuanya (dari segi kereta Api). Daerah wisata utama bisa dibilang terletak di antara segitiga Amsterdam – Utrecht  - Den Haag.
Barat – Den Haag, Delft, Rotterdam, Lisse, Leiden
Utara – Amsterdam
Timur  Laut – Groningen
Timur – Nijmegen, Arnhem, Enschede
Selatan – Eindhoven, Tilburg, Breda, Maastricht.
How to get around?
Kereta Api di Belanda dikelola oleh NS dan warnanya akan gampang diingat warna kuning yg dipadukan warna biru. Ada rail pass untuk Belanda (Eurail) yang biasanya digabung dengan Belgia dan Luxemburg. Jadi kalau anda ada Eurail Pass (either global pass atau country) mungkin lebih murah.
Sepeda bisa digunakan untuk meng-eksplore dalam kota. Sayangnya disini maling sepedanya banyak, jadinya banyak gembok2 gede. Kalau buat turis, ada nggak ya sepeda umum? Pengen nyoba sepedaan antara Leiden dan Haarlem diantara kebun2 tulip.

Keukenhof
Tram  dan Subway – untuk kota gede seperti Amsterdam, Den Haag dan Rotterdam biasanya ada jaringan subway and/or tram. Biasanya ada dua cara pembayaran, dengan stripenkaart atau OV card. Penggunaan strippenkaart sekarang sudah mulai dibatasi karena akan diganti dengan system yg lebih baru, OV Card. Untuk strippenkaart kita bisa membeli di toko apapun dekat stasiun untuk 15 strip (EUR 7.3) atau 45 strip (EUR 21.3). Penggunaannya berapa strip tergantung jarak dan dimulai dari 2 strip. Agak ribet ngejelasinnya, jd di-skip aja. OV Card, merupakan system baru yg diharapkan menggantikan strippenkaart, dan Rotterdam adalah satu2nya kota yg mulai menggunakan OV Card secara menyeluruh dan tidak menerima strippenkaart lagi. Caranya beli dulu OV Card, dan kartu ini (yg bentuknya mirip kartu kredit) akan diisi “pulsa”. Tiap masuk ke tram/subway tempelin kartu ini ke mesin dan jangan lupa pas keluar juga ditempel ke mesin yg sama, otherwise duitnya kena banyak.
Bus – biasanya ada di semua kota. Sebagian sudah menggunakan OV Card dan sebagian masih setia menggunakan strippenkaart. Kalau pakai strippenkaart, datang saja ke supirnya dan sebutkan tujuan anda, biar dia yg nge-cap strippenkaart anda.
Erasmus Bridge (New Year)
Tips beli tiket kereta,
Tips #1. Siapkan kartu kredit atau koin yang banyak. Di belanda kebanyakan sudah menggunakan mesin untuk membeli tiket kereta. Tiket2 ini biasanya hanya menggunakan debit card Bank Belanda atau Kartu Kredit. Kadang2 ada beberapa mesin yg menerima uang koin, tapi jumlahnya tidak banyak. Kalau mau cash, harus ke loket dan ada charge tambahan untuk pembelian tiket ini.
Tips #2. Jangan beli yg 1st class. Harganya beda jauh tapi kualitas tempat duduknya ga beda jauh. Cuman berguna kalau anda mau men-secure tempat duduk, soalnya di 1st class lebih lengang.
Tips #3. Discount Card, NS menjual discount card seharga EUR 55 yang berlaku selama setahun. Dengan discount card ini, pemiliknya berhak mendapatkan diskon 40% untuk naik kereta > 9 AM (weekdays) dan berlaku sepanjang hari untuk weekend. Keunggulan tiket ini, pemilik discount card bisa membawa 3 orang teman yg jg bisa menikmati discount card ini. Jadi kalau travel ramai2 ke Belanda, cari temen yg punya discount card ini atau jika kira2 pemakaian tiket kereta akan > EUR 137.5 untuk se-group, mendingan salah satu beli discount card ini.
Tips #4. Tiket Kruidvart/Tiket Blokker/Tiket NS/Tiket Buku. Tiket2 ini merupakan tiket murah dan hanya bisa digunakandi weekend saja (kecuali tiket NS yg kadang2 bisa digunakan di hari biasa diatas jam 9 AM). Dengan tiket ini kita bisa seharian keliling Belanda pada hari Sabtu atau Minggu di periode tertentu. Kruidvart dan Blokker merupakan jaringan pertokoan di Belanda dan bekerjasama dengan NS untuk menjual tiket murah ini. Perbedaannya tiket Kruidvart adalah tiket individual (EUR 12.5) dan tiket Blokker adalah tiket berdua EUR 25).  Tiket NS jarang dijual dan hanya ditawarkan untuk yg punya discount card saja.
Perbandingan Harga: Kruidvart EUR 12.5 ke semua tempat di Belanda. One way ticket Schiphol – Groningen tanpa diskon EUR 27.5, dengan diskon EUR 16.6. Tapi kalau dari Schiphol ke kota2 seperti Amsterdam, Den Haag, Leiden dan Rotterdam tidak akan terlalu butuh tiket2 seperti ini. Butuhnya kalau beli tiket ke arah Eindhoven, Maastrich, atau Groningen (kota2 yg jauh).
Taxi mahal, jangan gunakan kalau tidak kepepet sama sekali.
Tips menghemat uang,
Tips#1 Museumkaart. Museumkaart ini sangat berguna kalau akan mengunjungi banyak museum di Belanda. Harganya EUR 22.5 untuk yg < 25 tahun dan EUR 40 untuk yg >= 25 tahun. Dengan admission fee yg sekitar EUR 10 di tiap museum, kira2 kalau masuk 4-5 museum sudah balik modal.
Tips#2. Discount Card. Sudah dijelaskan.
Tips#3. Nebeng di temen/Couchsurfing. Lumayan buat menghemat hostel.
Tips#4. Hati2 kalau ditawarin Mayonaise atau Ketchup di McD, karena itu biaya extra, nggak gratis.
Be prepared for the Netherlands
Electricity di Belanda sama seperti di Indonesia, jadi ga ada yg perlu dipersiapkan. Tapi siapkanlah jas hujan atau payung karena cuaca Belanda tidak dapat diduga. Kadang2 bisa hujan mendadak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar